Sama-sama kecelakaan tapi ….

8 Jan 2013

Beberapa waktu yang lalu, terjadi dua peristiwa kecelakaan yang melibatkan pejabat dan keluarga pejabat di negeri Indonesia. Peristiwa yang pertama, kecelakaan mobil BMW jenis SUV dengan mobil Daihatsu Luxio di Tol Jagorawi kilometer 3, Jakarta Timur, Selasa, 1 Januari 2013 pagi. Mobil Daihatsu Luxio ditabrak dari belakang oleh mobil BMW sehingga menyebabkan dua orang meninggal dunia dan tiga orang yang luka-luka. Walaupun awalnya masih simpang siur mengenai siapa pengemudi mobil BMW, akhirnya polisi mengungkapkan bahwa pengemudi tersebut adalah salah satu anak pejabat teras di negeri ini.

Dokumentasi Agus Susanto (Kompas)

Dokumentasi Agus Susanto (Kompas)

Berbeda dengan kecelakaan yang melibatkan Afriyani dan Novi Amelia, polisi dinilai pilih kasih di berbagai media massa. Dalam kasus Afriyani dan Amelia polisi begitu terbuka kemudian langsung menetapkan tersangka. Namun, di kasus yang melibatkan anak pejabat ini rasanya polisi berbelit-belit informasi. Padahal, dalam undang-undang semua orang berkedudukan sama di mata hukum. Entah dia pejabat, anak pejabat, atau aparat penegak hukum semua harus ditindak.

Kasus kedua, kecelakaan yang melibatkan menteri BUMN saat menguji coba mobil listrik Tucuxi seharga milyaran rupiah. Mobil Tucuxi mengalami kecelakaan saat menuruni jalan tajam di sekitar Telaga Sarangan Magetan dikarenakan rem bermasalah (ngeblong). Untungnya, beliau selamat dari kecelakaan tersebut. Beberapa hari kemudian, berbagai media massa memberitakan bahwa sebelum uji coba, pak menteri melakukan ritual ruwatan pada mobil tersebut dan plat nomor yang dikendarai “DI 19″ adalah plat nomer ilegal.

Doni Prasetyo (Kompas)

Dokumentasi Doni Prasetyo (Kompas)

Nah, dua kasus kecelakaan inilah yang menjadi sorotan publik. Sama-sama kecelakan yang melibatkan pejabat atau keluarga pejabat, tapi apakah polisi akan berani menindak mereka. Walaupun pahit, hukum harus dijalankan. jangan sampai hukum tajam di bawah tapi tumpul ke atas. Ganbatte pak polisi, jangan galau!!!!


TAGS Kecelakaan Pejabat


-

Author

Follow Me